Kamis, 27 September 2007

Kulit Durian..

"Apa yang menarik dari kullit durian yaa..?". Kulit yang begitu tebal, keras dan juga berduri ternyata di dalamnya tersimpan buah yang manis, setidaknya begitu teman-teman bilang karena saya pribadi tidak menyukai rasa buah yang satu ini.

Buah yang berdaging tebal, dengan warna daging buah agak kekuning-kuningan, banyak sekali penggemarnya. Mulai yang muda sampai yang sudah berumur, walaupun ada larangan untuk tidak memakan daging buahnya terlalu banyak, karena memang semua yang berlebihan tidaklah baik.

Entah apa yang membuat orang menyukai buah yang kulitnya berduri ini, padahal kalau hanya melihat dari kulitnya saja sudah pasti tidak akan ada yang tertarik.

Atau karena kulitnya yang berduri itu yang mengundang tanya bagi yang melihatnya sehingga ingin mengetahui apa yang ada di balik kulit berduri itu.

Tetapi mengapa begitu banyak sekali orang beranggapan dengan hanya melihat dari luarnya saja seakan telah mengetahui apa yang tidak terlihat dari luar,di dalamnya. Mungkin itu memang sudah sifat dari manusia, cepat menarik kesimpulan, kurang berani mengambil resiko, terlalu berhati-hati, menutup diri, menganggap diri yang paling tahu, yang paling benar, yang paling ini, yang paling itu.

Lupa, kalau manusia hanya makhluk, ada yang menciptakan, ada yang lebih tahu, ada yang lebih benar, ada yang lebih segala-galanya.

Tidak ada komentar: